RAT 2012

Sambutan Ketua Gapoktan Rukun Santoso pada RAT Gapoktan 2012

Bismillaahirrahmaanirrahiim,

Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh,

Salam sejahtera untuk kita semua,

Yang saya hormati, para Pejabat Dinas pertanian Kab. Banyuwangi,

Yang saya hormati, para Penyuluh Pertanian BPP Kalibaru,

Yang saya hormati, Bapak Kepala Desa Kajarharjo,

Yang saya cintai, para pengurus  kelompok tani,  para penggiat, dan para pelaku usaha di sektor pertanian,

Hadirin sekalian yang saya muliakan,

Alhamdulillah, hari ini kita kembali mengikuti acara yang sangat penting, yaitu Rapat Anggota Tahunan GAPOKTAN RUKUN SANTOSO Desa Kajarharjo Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. Tentu kita juga bersyukur, kita semua masih diberikan kesempatan oleh Yang Maha Kuasa, untuk terus meningkatkan kesejahteraan petani khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya, melalui peningkatan ketahanan pangan di seluruh tanah air tercinta.

Atas nama Ketua Gapoktan dan selaku pribadi, saya ingin mengucapkan, dengan tulus dan penuh rasa syukur, ucapan selamat, terima kasih, dan penghargaan kepada semua yang telah bekerja keras untuk mensukseskan program-program peningkatan produksi pertanian melalui perguliran dana PUAP. Kita berharap, prestasi Bapak-Ibu, Saudara-saudara sekalian, bukan hanya dapat dipertahankan, tetapi juga terus ditingkatkan.

Kegiatan ini begitu penting dan strategis mengingat penurunan tingkat produksi pangan selama ini sudah pada batas ambang yang menghawatirkan.

Selanjutnya saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak-Ibu dari Dinas pertanian  Kabupaten Banyuwangiyang berkenan hadir padaKegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Gapoktan ”Rukun Santoso” Kabupaten Banyuwangi. Semoga apa yang bapak sampaikan nanti akan memberi motivasi baru bagi petani penerima dana PUAP di

Desa Kajarharjo

Hadirin yang saya hormati,

Permasalahan mendasar yang hingga saat ini masih dihadapi petani adalah kurangnya akses kepada sumber permodalan, pasar dan teknologi, serta organisasi tani yang

masih lemah. Untuk mengatasi dan menyelesaikan permasalahan tersebut Gapoktan Rukun Santoso berupaya fokus pada tiga pilar persoalan diatas dengan membangun kemitraan dengan pihak-pihak yang berkompeten dibidang pertanian yang salah satunya adalah BUMN dalam hal ini kami telah bermitra dengan PT Pertani Persero.

Pembangunan pertanian perdesaan, dimana salah satu cara yang ditempuh melalui pendekatan pengembangan usaha agribisnis dan penguatan kelembagaan pertanian di perdesaan adalah Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP).

Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP) adalah salah satu bentuk fasilitas bantuan modal usaha untuk petani baik petani pemilik, petani penggarap, buruh

tani maupun rumah tangga tani miskin di perdesaan melalui koordinasi Gapoktan sebagai lembaga yang dimiliki dan dikelola oleh petani di desa Kajarharjo, telah kami jalankan dengan baik. .

 

Hadirin yang Saya hormati,

Program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) adalah bagian dari pelaksanaan program PNPM Mandiri melalui bantuan modal usaha dalam menumbuh

kembangkan usaha agribisnis sesuai potensi pertanian desa yang bertujuan untuk mengurangi kemiskinan dan pengangguran serta meningkatkan kemampuan pelaku

usaha Agribisnis, Pengurus Gapoktan, Penyuluh dan Penyelia Mitra Tani. Berkaitan dengan hal tersebut diatas kami dari Gapoktan Rukun Santoso berupaya terus berbenah baik dalam hal management organisasi maupun dalam mengawal program Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP), memberdayakan kelembagaan kegiatan usaha agribisnis dan meningkatkan fungsi kelembagaan ekonomi petani menjadi jejaring atau mitra lembaga keuangan dalam rangka akses kepermodalan.

Hadirin yang Saya hormati,

Sebagai wujud keseriusan dalam mendukung dan mengawal program PUAP, maka

Gapoktan Rukun Santoso Desa Kajarharjo telah menyiapkan Program

Pemberdayaan Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan melalui pendirian Koperasi Serba Usaha yang insyaAllah pengajuan pendiriannya akan kita ajukan di bulan Januari 2013, koperasi ini akan berkonsentrasi melayani petani dalam bidang permodalan, pemasaran dan pelayanan kebutuhan bahan pokok bagi petani.  Oleh karena itu kita semua mempunyai tanggung jawab moril untuk mendukung Program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) melalui pemberdayaan Gapoktan. Khusus pada Tim Teknis Kabupaten saya harapkan dapat mengoptimalkan fungsi-fungsi Penyuluh Pendamping dan Penyelia Mitra Tani (PMT) dan dukungan semua stake holder baik dari unsur pemerintah, masyarakat dan swasta sehingga keberhasilan PUAP untuk mengembangkan Usaha Agribisnis di Perdesaan dalam rangka mengurangi kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja bisa dapat tercapai di Desa Kajarharjo.

Hadirin yang saya hormati,

Sebagai penutup, saya menyampaikan dua hal. Bahwa kami akan terus bekerja keras untuk meningkatkan produksi pangan, utamanya beras, kami juga akan terus belajar dan belajar agar kami mampu mengawal PUAP dengan baik. Dalam hal pelembagaan organisasi kami juga  akan terus berbenah agar tugas mulia ini semakin bersih dan berkah bagi masyarakat tani dan mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat tani di desa Kajarharjo. Ada harapan bagi kami mudah-mudahan program PUAP yang bertujuan sangat mulia ini tidak dinodai oleh kepentingan-kepentingan pribadi oknum yang tidak bertanggung jawab.

Produktivitas pangan juga akan terus kita tingkatkan melalui penelitian, pengembangan, dan inovasi teknologi sebatas kemampuan kami mengakses tekhnologi dari sumber-sumber yang akuntable. Semuanya itu kita tujukan untuk benar-benar mampu meningkatkan ketahanan pangan secara nasional. Anggaran makin besar, yang dialokasikan pemerintah untuk pertanian namun hasilnya masih belum bisa dirasakan, hal ini dikarenakan kebijakan-kebijakan dibidang pertanian belum digali dari akar persoalannya dan dikawal oleh pengawal-pengawal yang hanya menggali data yang ada dimeja kerja bukan dari kondisi lapangan yang sebenarnya.

Yang kedua, saya mengajak masyarakat luas khususnya masyarakat desa Kajarharjo untuk ikut aktif melakukan upaya masing-masing dalam rangka peningkatan produksi pangan, kami akan selalu siap membantu semampu kami dalam mengatasi persoalan-persoalan budidaya tanaman pangan. Ingat, pangan adalah masalah dunia, masalah kita semua. Sekali lagi, jangan kita hanya diam, sambil menggerutu, akhirnya hanya akan menjadi korban dari krisis pangan, yang bisa setiap saat datang di dunia ini. Oleh karena itu, kalau kita cerdas, mari kita jemput apapun situasi di tingkat dunia. Insya Allah, kita akan selamat.

Demikian, sekali lagi selamat, terima kasih, dan mari kita terus tingkatkan prestasi untuk negeri yang kita cintai.

Wassalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s