JUAL BIBIT CABE

BIBIT CABE
Jual Bibit Cabe Berkualit harga mulai Rp. 125,00

Budidaya Cabai merah besar (Capsicum annum var. longum)


Botani cabe adalah sebagai berikut:
Divisio : Spermatophyta.
Subdivio : Angiospermae.
Kelas : Dicotyledonae.
Subkelas : Sympetale.
Ordo : Tubiflorae.
Famili : Solanaceae.
Genus : Capsicum.
Spesies : Capsicum annuum L (besar) Capsicum frustescens L. (kecil)

Cabai sering disebut chili, hot peper atau lombok. Bagaimana budidaya cabai agar menghasilkan keuntungan bagi petani. Tip yang ada ini merupakan panduan praktis bagi anda yang berkecimpung di usaha budidaya cabai.

Harga cabai yang sangat fluktuatif, bahkan hampir setiap jam harga bisa berubah-ubah. Faktor penting yang menyebabkan harga cabai melonjak sangat tinggi adalah jumlah petani yang menanam lebih sedikit dari tahun sebelumnya. Hal ini sering terjadi karena pada tahun sebelumnya harga merosot jatuh menyebabkan petani enggan menanam sehingga pasokan produksi tidak mampu memenuhi permintaan pasar. Yang kedua banyak sentra tanaman cabai terserang penyakit layu, busuk batang, dan antarknosa. Agar keuntungan dapat diraih petani, harus mengatur saat tanam sehingga pada musim panen bersamaan banyaknya kebutuhan konsumen seperti Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha, pernikahan dan sunatan. Pada hari-hari seperti ini hukum pasar berlaku bahwa barang terbatas dan permintaan tinggi harga pasti naik.

Disilah petani harus memahami ketika memilih waktu untuk menanam cabe merah.
Ada pertanyaan yang perlu diperhatikan sebelum memulai usaha anda.
Siapkah anda untuk membuat rencana dan mematuhi rencana yang dibuat?Sebelum memulainya, sangat baik bila anda telah memiliki serangkaian rencana untuk membuat usaha anda sukses. Dengan rencana yang matang, anda punya arah yang jelas. Tapi jika tidak atau bingung apa yang harus dilakukan, mungkin jenis usaha budidaya cabai tersebut kurang cocok bagi Anda. Dan satu hal yang perlu saya tekankan, saat anda membuat perencanaan, saya harapkan anda mau berkomitmen mematuhinya. Jalankan sesuai rencana dan jadwal yang telah ditetapkan.

Buat jadwal dengan menarik mundur saat panen.
1. Perkiraan puncak panen.
2. Perkiraan panen perdana.
3.Jadwal Penanaman.
4.Jadwal Pemasangan mulsa PHP.
5.Jadwal Pemberian pupuk kimia
6.Jadwal pemberian pupuk kandang/kapur.
7.Jadwal Pembentukan bedengan.
8.Jadwal pengolahan tanah.

Apakah harapan hasil yang anda peroleh cukup realistis?Bila hasil yang anda targetkan cukup realistis, bersiaplah dengan sekuat tenaga untuk mencapainya, anda tak boleh seeanaknya sendiri. Anda tetap harus menjadi penggerak utama agar target yang dicanangkan bisa tercapai. Anda harus mau bekerja keras agar tujuan anda menjadi kenyataan. Karena bagaimanapun, hidup-mati usaha anda ada di tangan anda sendiri.

Apakah anda tahu dengan usaha budidaya cabai yang anda lakoni?Jangan pernah merasa ahli karena perkembangan waktu berpengaruh terhadap tehnologi pemupukan, berpengaruh terhadap perkembangan hama dan penyakit. Jangan pernah berhenti belajar mengenai usaha yang anda rencanakan. Saat ini, Anda tidak perlu khawatir kekurangan sumber belajar. Banyak orang yang siap membimbing anda, seperti buku dan para Penyuluh Pertanaian.

Bagaimana dengan anggaran usaha anda?Anda perlu pertimbangkan juga kemampuan keuangan anda. Butuh pengorbanan untuk mencapai tujuan yang anda diinginkan. Alokasi anggaran yang perlu tiperhitungkan adalah sewa tanah, Tenaga kerja, Bibit, Pupuk kandang, Kapur, Pestisida, mulsa PHP dan alat. Karena itulah anda perlu menganggarkannya. Kalau belum begitu yakin, mulai saja dengan jumlah yang tak begitu besar. Dengan luasan yang mampu anda biayai dulu sebagai langkah awal untuk proses belajar yang menghasilkan.

Bila anda menjalankannya secara konsisten, modal anda akan digantikan dengan hasil yang jauh lebih besar berkali-kali lipat. Kalau sudah tak ada masalah , segeralah bertindak. Tapi ingat tidak ada usaha yang tidak beresiko.

Langkah untuk usaha budidaya cabai
Sebagai langkah untuk keberhasilan, Sedini mungkin persiapkan turus penopang tanaman. Sediakan pestisida dan perekat, jika ditanam musim hujan persediaan fungisida dan perekat lebih banyak.

Pilih Varietas yang sesuai, baca label kemasan cocok untuk musim apa, ketinggian tempat berapa, Toleran pada hama dan penyakit apa dan lain-lain. Lokasi penanaman sebisa mungkin menghindari bekas penanaman cabe, tomat, kentang, terung (famili Solanaceae) dan juga jauh dari tanaman famili Solanaceae yang sudah ada, karena hama penyakit diareal itu akan berpindah pada tanaman yang masih muda.

Perhatikan jenis tanah yang cocok. Tanah latosol, andosol, regusol sangat cocok untuk ditanami cabai sedangkan tanah yang sangat liat seperti tanah grumosol dan podzolik merah kuning tidak cocok ditanami karena kurang porous yang menyebabkan menggenangnya air terutama di musim hujan. pH tanah optimal 5,5 – 6,5. Jika tanahnya masam tanahnya perlu ditambahkan kapur pertanian seperti kalsit atau dolomit, diberikan bersamaan pengolahan tanah. Pengapuran juga berfungsi menambah unsur hara kalsium (Ca), magnesium (Mg).

Berapa pupuk yang dibutuhkan : pupuk kandang 18 Ton, ditebarkan diatas bedengan selanjutnya di cangkul kecil-kecil agar merata. Setelah 2 minggu diberi pupuk Za 400 – 700 kg, Urea 200 – 300 kg, SP 36 450 – 650 kg, KCl 350 – 450 kg di tebar diatas bedengan kemudian di cangkul kecil-kecil untuk meratakan berbaur dengan tanah. Bedengan disiram secukupnya kemudian segera ditutup dengan mulsa PHP. Lubang tanam dibuat sehari sebelum penanaman dengan jarak 60 x 65 cm atau 60 x 70 cm. bibit dapat ditanam setelah bibit berdaun 3 – 4 helai. tanaman yang mati dan rusak segera di ganti.

Pembentukan bedengan
*Bersihkan lahan dari sisa-sisa tanaman.
*Olah lahan sedalam 30 cm – 40 cm, dikeringanginkan selama 1 minggu.
*Buat bedengan lebar 110 cm – 120 cm, tinggi 40 cm , lebar parit (antar bedengan) 60 cm – 70 cm.
*Buat parit keliling selebar 70 cm sedalam 70 cm untuk pemasukan dan pengeluaran air.
*Beri pupuk kandang18 Ton, ditebarkan diatas bedengan ditambahkan kapur pertanian seperti kalsit atau dolomit sebanyak 2-4 ton/ha selanjutnya di cangkul kecil-kecil agar merata. Setelah 2 minggu diberi pupuk Za 375 – 400 kg, Urea 190 – 200 kg, SP 36 650 – 660 kg, KCl 375 kg.
*Rapikan bedengan kemudian ditutup dengan mulsa PHP

Keuntungan bertani dengan mulsa plastik hitam perak (PHP) adalah sebagai berikut :
*Pemberian pupuk dapat dilakukan sekaligus sebelum pemasangan mulsa.
*Warna hitam dari mulsa menahan sinar matahari sehingga memberikan warna gelap yang dapat menekan pertumbuhan gulma.
*Warna perak dari mulsa dapat memantulkan sinar matahari dan mempengaruhi perkembangan hama terhambat.
*Suhu dan kelembaban tanah relatif stabil.
*Menghindarkan hilangnya unsur hara oleh guyuran air hujan dan penguapan.
*Buah cabe yang berada diatas permukaan tanah terhindar dari percikan air tanah sehingga dapat mengurangi risiko berjangkitnya penyakit busuk buah.
*Mengurangi pekerjaan penyiangan dan penggemburan tanah.
*Menekan penguapan air dari dalam tanah.

Pemasangan mulsa yang tepat pada kondisi terik karena mulsa mudah mengembang bila ditarik. Mulsa PHP dikaitkan terlebih dahulu dengan penjepit dari bilah bambu pada ujung bedengan ke ujung yang lain. Jika kondisi panas, mulsa pada sisi-sisi bedengan dirapikan dengan dikaitkan pada panah menggunakan penjepit dari bilah bambu.

CABE MERAH BESAR1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s