RAT GAPOKTAN RUKUN SANTOSO

KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahiim

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Puji dan Syukur kita panjatkan kehadirat illahi atas nikmat yang diberikan kepada kita semua, sehingga pada saat ini masih diberikan kekuatan untuk dapat menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2012.

Seperti halnya sebuah organisasi pada saat akhir tahun  GAPOKTAN RUKUN SANTOSO menyelenggarakan RAT sebagai pertanggung jawaban pengurus kepada anggota dalam menjalankan tugasnya selama satu tahun.  Bentuk pertanggung jawaban ini dituangkan dalam sebuah laporan.

Pada kesempatan ini atas nama pengurus GAPOKTAN RUKUN SANTOSO mengucapkan terima kasih kepada  seluruh pihak yang telah membantu atas terselenggaranya kegiatan ini, sehingga dapat terlaksana sebagai mana yang direncanakan.

Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang terdapat dalam laporan ini, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari laporan ini, sehingga pada kesempatan berikutnya bisa lebih baik lagi.

Akhirnya hanya kepada Allah semua berpulang, apa bila dalam laporan ini terdapat kebenaran hal itu sepenuhnya milik Allah, namun apabila dalam laporan ini terdapat kekeliruan, hal ini merupakan kehilapan kami selaku manusia. Amiin

Billahi fii sabil haq

Wassalam’alaikum Wr. Wb.

Kajarharjo, …… Desember 2012

Pengurus Gapoktan Rukun Santoso

Imam Sunardi Ghozali                   Slamet Susanto                          M Romli

                                                                            Ketua                                          Sekretaris                                      Bendahara


 

AGENDA ACARA

RAPAT ANGGOTA TAHUNAN

GAPOKTAN RUKUN SANTOSO

WAKTU

URAIAN KEGIATAN

KETERANGAN

08.00 – 08.30 Chek in Peserta
08.30 – 11.30 Upacara Pembukaan

1.    Pembacaan Kalam Ilahi sekaligus Shalawat.

2.    Sambutan – sambutan

a.    Pengurus Gapoktan RUKUN SANTOSO

b.    Kepala Desa Kajarharjo

c.    Kooerdinator PPL BPP Kec. Kalibaru

Tinjau ke lahan LL Mandiri Gapoktan Rukun Santoso

Mamirat 11.30 – 11.40Do’a / Tutup 12.30 – 01.15SesiI

a.    Pemilihan Pimpinan Rapat

b.    Pembahasan Agenda Acara

c.    Pembahasan Tata Tertib

d.    Berita Acara Pengesahan

Pimpinan Rapat

Pimpinan Rapat

Pimpinan Rapat01.15 – 01.45Sesi II

1.    LPJ Pengurus Gapoktan RUKUN SANTOSO.

2.    Pandangan Umum

3.    Berita Acara Pengesahan

Ketua Pengurus

Pengurus dan Anggota

Pimpinan Rapat

SAMBUTAN

KETUA GAPOKTAN RUKUNSANTOSO

DESA KAJARHARJO KECAMATAN KALIBARU

KABUPATEN BANYUWANGI

PADA

RAPAT ANGGOTA TAHUNAN

DI LABORATURIUM LAPANG GAPOKTAN RUKUNSANTOSO

TANGGAL  27 DESEMBER 2013

 

 

 

 

Bismillaahirrahmaanirrahiim,

Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh,

Salam sejahtera untuk kita semua,

Yang saya hormati, para Pejabat Dinas pertanian Kab. Banyuwangi,

Yang saya hormati, para Penyuluh Pertanian BPP Kalibaru,

Yang saya hormati, Bapak Kepala Desa Kajarharjo,

Yang saya cintai, para pengurus  kelompok tani,  para penggiat, dan para pelaku usaha di sektor pertanian,

Hadirin sekalian yang saya muliakan,

Alhamdulillah, hari ini kita kembali mengikuti acara yang sangat penting, yaitu Rapat Anggota Tahunan GAPOKTAN RUKUN SANTOSO Desa Kajarharjo Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. Tentu kita juga bersyukur, kita semua masih diberikan kesempatan oleh Yang Maha Kuasa, untuk terus meningkatkan kesejahteraan petani khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya, melalui peningkatan peningkatan produksi pertanian di seluruh tanah air tercinta.

Atas nama Ketua Gapoktan dan selaku pribadi, saya ingin mengucapkan, dengan tulus dan penuh rasa syukur, ucapan selamat, terima kasih, dan penghargaan kepada semua yang telah bekerja keras untuk mensukseskan program-program peningkatan produksi pertanian melalui perguliran dana PUAP. Kita berharap, prestasi Bapak-Ibu, Saudara-saudara sekalian, bukan hanya dapat dipertahankan, tetapi juga terus ditingkatkan.

Kegiatan ini begitu penting dan strategis mengingat penurunan tingkat produksi pangan selama ini sudah pada batas ambang yang menghawatirkan.

Selanjutnya saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak-Ibu dari Dinas pertanian  Kabupaten Banyuwangiyang berkenan hadir padaKegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Gapoktan ”Rukun Santoso” Kabupaten Banyuwangi. Semoga apa yang bapak sampaikan nanti akan memberi motivasi baru bagi petani penerima dana PUAP di

Desa Kajarharjo

Hadirin yang saya hormati,

Permasalahan mendasar yang hingga saat ini masih dihadapi petani adalah kurangnya akses kepada sumber permodalan, pasar dan teknologi, serta organisasi tani yang

masih lemah. Untuk mengatasi dan menyelesaikan permasalahan tersebut Gapoktan Rukun Santoso berupaya fokus pada tiga pilar persoalan diatas dengan membangun kemitraan dengan pihak-pihak yang berkompeten dibidang pertanian yang salah satunya adalah BUMN dalam hal ini kami telah bermitra dengan PT Pertani Persero.

Pembangunan pertanian perdesaan, dimana salah satu cara yang ditempuh melalui pendekatan pengembangan usaha agribisnis dan penguatan kelembagaan pertanian di perdesaan adalah Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP).

Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP) adalah salah satu bentuk fasilitas bantuan modal usaha untuk petani baik petani pemilik, petani penggarap, buruh

tani maupun rumah tangga tani miskin di perdesaan melalui koordinasi Gapoktan sebagai lembaga yang dimiliki dan dikelola oleh petani di desa Kajarharjo, telah kami jalankan dengan baik. .

 

Hadirin yang Saya hormati,

Program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) adalah bagian dari pelaksanaan program PNPM Mandiri melalui bantuan modal usaha dalam menumbuh

kembangkan usaha agribisnis sesuai potensi pertanian desa yang bertujuan untuk mengurangi kemiskinan dan pengangguran serta meningkatkan kemampuan pelaku

usaha Agribisnis, Pengurus Gapoktan, Penyuluh dan Penyelia Mitra Tani. Berkaitan dengan hal tersebut diatas kami dari Gapoktan Rukun Santoso berupaya terus berbenah baik dalam hal management organisasi maupun dalam mengawal program Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP), memberdayakan kelembagaan kegiatan usaha agribisnis dan meningkatkan fungsi kelembagaan ekonomi petani menjadi jejaring atau mitra lembaga keuangan dalam rangka akses kepermodalan.

Hadirin yang Saya hormati,

Sebagai wujud keseriusan dalam mendukung dan mengawal program PUAP, maka

Gapoktan Rukun Santoso Desa Kajarharjo telah menyiapkan Program

Pemberdayaan Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan melalui pendirian Koperasi Serba Usaha yang insyaAllah pengajuan pendiriannya akan kita ajukan di bulan Januari 2013, koperasi ini akan berkonsentrasi melayani petani dalam bidang permodalan, pemasaran dan pelayanan kebutuhan bahan pokok bagi petani.  Oleh karena itu kita semua mempunyai tanggung jawab moril untuk mendukung Program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) melalui pemberdayaan

Gapoktan. Khusus pada Tim Teknis Kabupaten saya harapkan dapat mengoptimalkan fungsi-fungsi Penyuluh Pendamping dan Penyelia Mitra Tani (PMT) dan dukungan

semua stake holder baik dari unsur pemerintah, masyarakat dan swasta sehingga keberhasilan PUAP untuk mengembangkan Usaha Agribisnis di Perdesaan dalam

rangka mengurangi kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja bisa dapat tercapai di Desa Kajarharjo.

Hadirin yang saya hormati,

Sebagai penutup, saya menyampaikan dua hal. Bahwa kami akan terus bekerja keras untuk meningkatkan produksi pangan, utamanya beras, kami juga akan terus belajar dan belajar agar kami mampu mengawal PUAP dengan baik. Dalam hal pelembagaan organisasi kami juga  akan terus berbenah agar tugas mulia ini semakin bersih dan berkah bagi masyarakat tani dan mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat tani di desa Kajarharjo. Ada harapan bagi kami mudah-mudahan program PUAP yang bertujuan sangat mulia ini tidak dinodai oleh kepentingan-kepentingan pribadi oknum yang tidak bertanggung jawab.

Produktivitas pangan juga akan terus kita tingkatkan melalui penelitian, pengembangan, dan inovasi teknologi sebatas kemampuan kami mengakses tekhnologi dari sumber-sumber yang akuntable. Semuanya itu kita tujukan untuk benar-benar mampu meningkatkan peningkatan produksi pertanian secara nasional. Anggaran makin besar, yang dialokasikan pemerintah untuk pertanian namun hasilnya masih belum bisa dirasakan, hal ini dikarenakan kebijakan-kebijakan dibidang pertanian belum digali dari akar persoalannya dan dikawal oleh pengawal-pengawal yang hanya menggali data yang ada dimeja kerja bukan dari kondisi lapangan yang sebenarnya.

Yang kedua, saya mengajak masyarakat luas khususnya masyarakat desa Kajarharjo untuk ikut aktif melakukan upaya masing-masing dalam rangka peningkatan produksi pangan, kami akan selalu siap membantu semampu kami dalam mengatasi persoalan-persoalan budidaya tanaman pangan. Ingat, pangan adalah masalah dunia, masalah kita semua. Sekali lagi, jangan kita hanya diam, sambil menggerutu, akhirnya hanya akan menjadi korban dari krisis pangan, yang bisa setiap saat datang di dunia ini. Oleh karena itu, kalau kita cerdas, mari kita jemput apapun situasi di tingkat dunia. Insya Allah, kita akan selamat.

Demikian, sekali lagi selamat, terima kasih, dan mari kita terus tingkatkan prestasi untuk negeri yang kita cintai.

Wassalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

TATA TERTIB PELAKSANAAN

RAPAT ANGGOTA TAHUNAN GAPOKTAN RUKUN SANTOSO

DESA KAJARHARJO

TAHUN BUKU 2012

  1. Pendahuluan

Peraturan tata tertib ini berlaku untuk Rapat Anggota Tahunan (RAT) Gapoktan RUKUN SANTOSO tahun buku 2012 sebagai pelaksanaan sesuai dengan ketentuan Gapoktan RUKUN SANTOSO.

II.    Penyelenggaraan dan Pimpinan Rapat.

1.    Rapat Anggota Tahunan di selenggarakan oleh pengurus Gapoktan RUKUN SANTOSO.

2.    Rapat dipimpin oleh ketua atau anggota pengurus yang ditunjuk oleh ketua Gapoktan RUKUN SANTOSO.

III.   Acara Pokok Rapat terdiri dari :

  1. Pembacaan dan pengesahan agenda acara dan tata tertib RAT.
  2. Laporan pertanggung jawaban pengurus menyangkut kegiatan dan kebijaksanaan selama satu tahun kerja.
  3. Tanggapan anggota terhadap laporan pengurus
  4. Laporan badan pengawas.
  5. Pembacaan dan pengesahan Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Belanja Gapoktan (RAPBG) tahun 2013.
  6. Pengaturan dan pembagian serta penggunaan Sisa Hasil Usaha (SHU).
  7. Hal-hal lain yang diperlukan.

IV.  Peserta Rapat

  1. Rapat Anggota Tahunan dihadiri oleh seluruh anggota Gapoktan RUKUN SANTOSO.
  2. Calon anggota dapat hadir didalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) akan tetapi tidak mempunyai hak suara.

V.   Syah atau tidaknya RAT diselenggarakan.

  1. RAT dianggap syah apabila dihadiri 2/3 anggota yang hadir atau sekurang kurangnya setengah lebih satu dari jumlah anggota aktif.
  2. Apabila waktu rapat akan dimulai, ternyata quorum tidak tercapai, maka rapat ditangguhkan selambat-lambatnya 2 x 30 menit ( 1jam).

VI.  Keputusan Rapat RAT

  1. Keputusan rapar (RAT) sejauh mungkin diambil atas dasar musyawarah dan mupakat.
  2. Apabila didalam musyawarah tidak ada kesepakatan, maka keputusan di ambil berdasarkan suara terbanyak dari anggota yang hadir.

VII. Hak Suara

  1. Setiap anggota Gapoktan RUKUN SANTOSO yang aktif memiliki hak suara dan bicara.
  2. Calon anggota diberi hak bicara tetapi tidak memiliki hak suara.
  3. Peserta yang akan menggunakan hak untuk bicara wajib menyebutkan nama,  kepada pimpinan rapat.

VIII.                   Lain – lain

Hal-hal yang tidak tercakup dalam tata tertib ini dapat ditentukan dan diputuskan didalam musawarah oleh rapat.

Kajarharjo, …… Januari 2013

Pengurus Gapoktan Rukun Santoso

Imam Sunardi Ghozali                   Slamet Susanto                          M Romli

            Ketua                                        Sekretaris                                      Bendahara


LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN

PENGURUSGAPOKTAN RUKUN SANTOSO

DESA KAJARHARJO KECAMATAN KALIBARU

TAHUN BUKU 2012

Pendahuluan

Bismillahirrahmanirrahiim.  Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Alhamdulillah kita berkumpul di kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Gapoktan RUKUN SANTOSO. RAT ini untuk mengevaluasi dan menilai kinerja pengurus selama satu tahun kerja.

Secara umum kondisi Gapoktan RUKUN SANTOSO pada tahun 2012 Alhamdulillah semakin baik, meskipun terdapat beberapa program kerja yang tidak dapat terlaksanakan, dalam upaya peningkatan kesejahteraan anggota.  Namun demikian kami tetap berupaya meningkatkan kinerja GAPOKTAN RUKUN SANTOSO kearah semakin baik lagi dalam rangka melayani kebutuhan masyarakat yang cenderung meningkat baik dari jumlah maupun kebutuhan modal.

Berikut ini uraian laporan kami terperinci selama satu tahun kerja.

A.   Bidang Organisasi, Kelembagaan dan Pengurus

1.    Status Kelembagaan

  Nama Organisasi

GAPOKTAN RUKUN SANTOSO

  Alamat Sekretariat

Jln. Kusuma – Kajarharjo No 01 Desa Kajarharjo Kec. Kalibaru Kab.

Banyuwangi

2.    Susunan personalia

  Pengurus

Berdasarkan Rapat Anggota pada tanggal 14 April 2008. bahwa kepengurusan GAPOKTAN RUKUN SANTOSO untuk periode 2008-2014 adalah sebagai berikut:

Ketua          : Imam Sunardi Ghozali

Sekretaris   : Slamet Susanto

Bendahara  : M Romli

Komite Pengarah

Ketua          : Faisol Anshori

Anggota     : Tismono.

Keanggotaan          

Dilihat dari jumlah kelompok yang terdiri dari 9 kelompok, dan beranggotakan 284 orang.terdiri dari 25 orang perempuan dan 159 orang laki-laki

  Keanggotaan

Anggota Gapoktan RUKUN SANTOSO sampai tahun 2012 dilihat dari jumlah anggota yang dapat di biayai sebanyak 101 orang oleh karena itu keanggotaan Gapoktan RUKUN SANTOSO dari segi jumlah tidak mengalami perubahan, untuk lebih jelas dapat dilihat pada table dibawah ini.

No

Status keanggotaan

Jumlah

Keterangan

1

Anggota aktif Peminjam

101

2

Anggota Yang belum terbiayai

183

Jumlah total

259

B.   Bidang Permodalan dan Usaha

Di bidang permodalan, khususnya modal sendiri, para pengurus Gapoktan RUKUN SANTOSO mengakui belum mampu mengoptimalkan simpanan (tabungan) dari anggota, hal ini disebabkan kondisi perekonomian warga masyarakat khususnya Desa Kajarharjo umumnya dilihat dari pendapatan perkapitanya sangat minim.

Oleh karena itu warga masyarakat khususnya anggota Gapoktan RUKUN SANTOSO lebih banyak menggunakan produk pembiayaan dibandingkan produk simpanan yang ada di Gapoktan RUKUN SANTOSO, namun dengan tekad yang kuat dan usaha yang maksimal dari para pengurus untuk tahun kerja 2013 kami akan lebih mengoptimalkan serta memasyarakatkan produk-produk simpanan yang ada di Gapoktan RUKUN SANTOSO.

Sedangkan permodalan yang dimiliki Gapoktan RUKUN SANTOSO sampai akhir tahun 2012 sebagai berikut :

No

Jenis Modal

Tahun 2012

1

Modal Sendiri
Simp Pokok
Simp Wajib
Simp Wajib Pinjaman
Simpanan Sukarela
Simpanan Kelompok

2

Modal Luar
PUAP

100.000.000

Jumlah

100.000.000

C.   Bidang Usaha

Unit Simpan Pinjam

Sebagai mana tahun-tahun sebelumnya unit simpan pinjam masih menjadi usaha Gapoktan RUKUN SANTOSO, jika dilihat dari angka perkembangan unit usaha ini tahun ke tahun mengalami peningkatan baik kredit maupun simpanan anggota.  Hal ini dapat dilihat dari realisasi pinjaman dan pendapatan dari hasil jasa pinjaman.  Sedangkan dari sisi kedisiplinan anggota  (Pengguna jasa ini) walaupun masih ada kemacetan namun persentasenya kecil.

D.   Bidang Pertanian dan Pengembangan Tehnologi

Jika dievaluasi parameter yang digunakan untuk Pengembangan Tehnologi Pertanian masih sangat relative kecil mengingat kondisi lahan laboraturiom lapang yang dimiliki Gapoktan RUKUN SANTOSO saat ini belum memadai untuk mendukung program ini, namun bukan berarti program ini tidak berjalan sama sekali.  Berangkat dari rencana kerja yang telah dicanangkan pada tahun 2011 dalam jangka tahun ini Gapoktan RUKUN SANTOSO telah melaksanakan laboratorium lapang TABELA (Tanam Benih Langsung) di wilayah kerja Kelompok tani Kenongo Mukti Dusun Tegalgondo desa Kajarharjo.

E.   Penutup

Demikian laporan singkat ini kami buat, semoga dapat memberikan informasi kepada anggota dan pengguna jasa Gapoktan RUKUN SANTOSO.  Akhirnya tiada gading yang tak retak, kami selaku manusia biasa menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas kekurangan dan kehilafan baik dalam pelayanan maupun kinerja Gapoktan RUKUN SANTOSO.  Kritik dan saran yang bersifat membangun senantiasa kami nantikan guna perbaikan dan peningkatan kinerja Gapoktan RUKUN SANTOSO.

Kajarharjo, …… Desember 2012

Pengurus Gapoktan Rukun Santoso

Imam Sunardi Ghozali                   Slamet Susanto                          M Romli

                                                                           Ketua                                               Sekretaris                                Bendahara


 

NERACA UNIT SIMPAN PINJAM DANA PUAP

Gapoktan RUKUN SANTOSO

Per 30 Desember 2012

Aktiva

Jumlah

Passiva

Jumlah

Kas

         3,452,041

Beban yang masih harus dibayar

         8,000,000

Bank

         2,207,400

Modal  tetap tambahan

         6,600,000

Piutang usaha

     116,000,000

Simp. Wajib
Inventaris dan harta Tetap

         7,450,000

Simp. Sukarela

            914,441

Akumulasi penyusutan

            500,000

Modal PUAP

     100,000,000

Penerimaan Admin Pinjaman

         1,135,000

Laba  /  Rugi bulan berjalan

      12,960,000

     129,609,441

     129,609,441

Kajarharjo, …… Desember 2012

Pengurus Gapoktan Rukun Santoso

Imam Sunardi Ghozali                   Slamet Susanto                        M Romli

    Ketua                                  Sekretaris                                    Bendahara


 

PEMBAGIAN SISA HASIL USAHA (SHU)

GAPOKTAN RUKUN SANTOSO

TAHUN BUKU 2012

Pendapatan

 Rp

Jasa Pinjaman

       38,640,000

Provisi Simpan Pinjam

       632,460

 Administrasi Pinjaman

       6,120,000

Total hasil usaha kotor

       45,392,460

Beban-beban
Biaya operasional

       2,985,800

Biaya proposal

       2,500,000

Belanja inventaris

       7,450,000

Adm dan pajak bank

       374,619

Biaya entertainment

       500,000

Honor Pegurus Poktan

       11,720,000

Honor Pegurus Gapoktan

       11,170,000

Biaya RAT

       3,142,500

Total Beban

       39,842,919

SHU

       5,549,541

Kajarharjo, …… Desember 2012

Pengurus Gapoktan Rukun Santoso

Imam Sunardi Ghozali                   Slamet Susanto                          M Romli

               Ketua                                            Sekretaris                             Bendahara


 

Rencana Kerja Dan Anggaran Pendapatan

 Dan Belanja Gapoktan Rukun Santoso

 Tahun Buku 2013

Pendahuluan

Rencana kerja dan anggaran pendapatan dan belanja Gapoktan RUKUN SANTOSO untuk tahun 2013 akan berlandaskan pada pengalaman tahun yang lalu serta memprediksi dengan kejadian kejadian yang akan terjadi pada tahun 2013, yang dapat mempengaruhi perkembangan Gapoktan RUKUN SANTOSO.

RAPBG ini merupakan kerangka acuan bagi pengurus dan pengelola dalam pelaksanaan operasional Gapoktan RUKUN SANTOSO pada tahun 2013 berdasarkan amanat RAT dab AD – ART.

Secara umum pokok-pokok kebijakan pengurus dalam RAPBG tahun 2013 ini berdasarkan atas ketentuan dan kebutuhan para pengguna jasa Gapoktan RUKUN SANTOSO terutama di bidang pelayanan kredit dan simpanan untuk mengakomodir tuntutan dan kebutuhan tersebut Gapoktan RUKUN SANTOSO menetapkan pokok-pokok RAPBG sebagai berikut :

  • Rencana kerja kelembagaan (organisasi) dan peningkatan kualitas SDM bagi pengurus dan anggota.
  • Rencana usaha dan permodalan
  • Rencana anggaran dan pendapatan gapoktan

I. BIDANG ORGANISASI DAN ADMINISTRASI

1. Pembenahan sistem administrasi

RENCANA KERJA

TARGET / TUJUAN

WAKTU PELAKSANAAN

Pembenahan penyimpanan dokumen yang masih terpakai dan tidak terpakai Mempermudah pencarían dokumen jika diperlukanMeminimalisasi ruangan penyimpanan Januari – Desember
Penggunaan sistem pencatatan transaksi keuangan yang lebih tepat dan mudah diaplikasikan Mengoptimalkan sistem kerja, pencatatan dan pengadministrasian transaksi keuanganMemaksimalkan pelayanan kepada anggota Januari – Desember
Pembenahan sistem pembiayaan Kontrol pembiayaan lebih efektifMemudahkan perencanaan pembiayaan bulanan Januari – Desember
Pembenahan administrasi surat-menyurat dan keanggotaan Mempermudah pencarían dokumen jika diperlukan Maret

2. Penyusunan Alur Kerja (pembiayaan)

RENCANA KERJA

TARGET / TUJUAN

WAKTU PELAKSANAAN

Pembenahan alur pembiayaan dan agunannya Administrasi pembiayaan dan agunan lebih baikKontrol pembiayaan dan pengambilan agunan menjadi lebih mudah Februari
Pembenahan alur kontrol angsuran Administrasi angsuran menjadi lebih baikMempermudah kontrol angsuran Maret – April

3. Keanggotaan

RENCANA KERJA

TARGET / TUJUAN

WAKTU PELAKSANAAN

Meningkatkan jumlah anggota Meningkatkan asset Gapoktan

Memberikan pelayanan kepada masyarakat yang  lebih luasJanuari – DesemberMeningkatkan kesadaran anggota terhadap hak dan kewajibanMenumbuhkan rasa memiliki anggota terhadap GapoktanJanuari – DesemberMelakukan re-strukturisasi dengan mengoptimalisasi kinerja pengurus gapoktan dan kelompok tani

Meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja pengurusMeningkatkan sinerjgi antara pengurus gapoktan dan pengurus poktan guna peningkatan hasil kerja gapoktanJanuari – DesemberMeningkatkan kapabilitas pengurus baik  melalui pelatihan ataupun studi bandingAgar mampu menjalankan amanah dengan baik secara mandiriJanuari – Desember
II.  BIDANG KEUANGAN

Adminstrasi Keuangan

RENCANA KERJA

TARGET / TUJUAN

WAKTU PELAKSANAAN

Menekan pembiayaan bermasalah Kembalinya uang pinjaman sebagai modal Gapoktan

Meningkatkan SHU / keuntungan GapoktanJanuari – DesemberPenyehatan permodalan melalui pemupukan modal anggotaMeningkatkan jumlah modal usaha GapoktanJanuari – DesemberPembenahan administrasi keuanganMeningkatkan kinerja keuangan

Tertib adminstrasi dan pelaporan keuangan kepada pegurus dan anggotaJanuari – DesemberPelatihan manajement keuangan dan akses internet bagi pengurus poktanMendapatkan pengetahuan untuk mengelola keuangan dan informasi pertanian melalui internet bagi masing-masing kelompok dengan baikJanuari – Desember


 

III. BIDANG PERMODALAN DAN USAHA

RENCANA KERJA

TARGET / TUJUAN

WAKTU PELAKSANAAN

Mendirikan koperasi Melayani pinjaman modal budidaya pertanian.dan kebutuhan pokok bagi petani Januari
Unit Simpan Pinjamo   Kredit (pembiayaan)

o    Simpanan

Melakukan seleksi bagi anggota yang mengajukan permohonan pinjaman, bagi anggota yang memohon ajuan pinjaman dengan ada persetujuan suami istri.

Memberikan pinjaman modal usaha tani kepada anggota dengan jasa sesuai kesepakatan.

Kepada peminjam yang mendapat realisasi pinjaman diwajibkan menabung untuk simpanan sukarela setiap realisasi pinjaman.

Mengaktifkan simpanan-simpanan antara lain :

  • Simpanan pak tani (SIMPATI)
  • Simpanan Idul Fitri (SIFITRI)
  • Simpanan Pendidikan (SIPENDIK)
  • Simpanan qurban (SIKURBAN)
  • Simpanan berjangka dengan pola bagi hasil
Unit Usaha sektor riil
  Pertanian  Peternakan

  Waserba, Perdagangan

Pengadaan sarana pertanian dan obat-obatan pertanian serta jual beli hasil pertanian.Membina kelompok tani ternak

Pengadaan bahan kebutuhan  pokok anggota

Pelatihan pembuatan pupuk dan pestisida organik Kesadaran bertani organikPemanfaatan pupuk kandang dan bahan obat nabati Juni – Juli
Pembuatan perpustakaan pertanian Menambah ilmu dan wawasan pertanianMebudayakan membaca untuk meningkatkan pengetahuan pertanian Juni – Juli


 

IV. BIDANG PERTANIAN

RENCANA KERJA

TARGET / TUJUAN

WAKTU PELAKSANAAN

Saung tani keliling (membahas persoalan petani dan sosialisasi program) Pertemuan di kelompok tani dengan mengundang praktisi pertanian Januari – Desember
Mendirikan saung tani di 9 kelompok tani Menjadikan saung tani sebagai pusat informasi pertanian dan diskusi tentang masalah pertanian
Memperluas areal Laboratorium Lapang Mandiri Menjadikan Labopatorium Lapang Mandiri sebagai rujukan tehnis budidaya tanaman pangan di wilayah kerja Gapoktan Januari – Desember
Regenerasi petani Mencetak petani muda yang professional, mengadakan kegiatan tanam bersama 1000 pemuda pemudi desa kajarharjo Hari Peningkatan produksi pertanian

V. LAIN-LAIN

RENCANA KERJA

TARGET / TUJUAN

WAKTU PELAKSANAAN

Pengalokasian pembiayaan untuk sektor produksi bersama Gapoktan Media pembelajaran usaha bagi pengurus dan anggota
Mengadakan konsultasi dengan Dinas Instansi terkait Menambah wawasan sebagai bahan pemikiran Gapoktan Januari – Desember
Pengadaan 1 unit notebook Memperlancar pembuatan laporan – laporan dan keadministrasian yang lain Sudah terlaksana
Menerbitkan Buletin Pertanian Media komunikasi warga tani di desa Kajarharjo, layanan informasi tehnik budidaya pertanian dan konsultasi penanggulangan HPT dan OPT Terbit  tiap minggu


 

VI.           Rencana Anggaran,Pendapatan dan Belanja tahun 2013

No

Uraian

Rencana Anggaran 2013

Modal Usaha

1

Pinjaman / Perguliran  dana PUAP

                        450,000,000

2

Kemitraan dg PT Pertani

                     1,800,000,000

Total modal

                     2,250,000,000

Rencana Pendapatan

2

Jasa Simpan pinjam

                          45,000,000

4

Administrasi

                            3,605,000

5

Perdagangan Hasil pertanian

                     1,200,000,000

6

Penjualan Saprodi

                     1,120,000,000

7

Uji Tanah Sawah spesifik lokasi

                          22,500,000

Total Pendapatan                      2,391,105,000
Rencana Biaya

1

Biaya Pra operasional

                          10,500,000

Belanja Produk

                     1,639,750,000

2

Biaya Transportasi dan Komunikasi

                            5,760,000

3

Alat Tulis dan pelaporan LKM (materai, berkas permohonan anggota peminjam, pengetikan dan fotokopi laporan)

                                1,800,000

 4

Biaya Operasional Gapoktan

                          18,000,000

5

Listrik dan Sewa Kantor

                            6,000,000

6

Insentif LKM

                          96,000,000

7

Gaji pegawai

                          24,000,000

8

Sumbangan dana social (untuk anggota yang 0mendapat musibah 3 orang)

                                5,000,000

9

Seragam dan peralatan kantor

                            5,510,000

10

Biaya Lain-Lain

                        181,232,000

Total Biaya                      1,993,552,000
Pendapatan sebelum pajak

                        397,553,000

Pajak

                         39,755,300

Pendapatan Bersih

                       357,797,700

Kajarharjo, 17 Pebruari 2011

Pengurus Lembaga Keuangan Mikro

Gapoktan RUKUN SANTOSO

IMAM SUNARDI GHOZALI             M ROMLI              SLAMET SUSANTO

           Ketua                                   Sekretaris                           Bendahara

 

VISI  DAN  MISI

Visi dan Misi Gapoktan Rukun Santoso diharapkan agar memiliki kekuatan yang nyata dalam perwujudan peningkatan produksi pertanian didesa Kajarharjo. Visi dan Misi ini mencangkup aspek-aspek geografis, sumber kekayaan alam, kependudukan, dan sosial budaya.

1. Visi Gapoktan Rukun Santoso

Visi berkaitan dengan pandangan kedepan menyangkut kemana Gapoktan Rukun Santoso harus dibawa agar dapat berkarya secara konsisten, tetap eksis, antisipatif, inovatif serta produktif.

Upaya pemantapan peningkatan produksi pertanian ditingkat desa merupakan bagian integral dari pembangunan desa, oleh sebab itu visi dan misi pembangunan pemantapan peningkatan produksi pertanian Gapoktan Rukun Santoso dirumuskan dan mengacu kepada visi dan misi pembangunan pemantapan ketahanan keluarga. Adapun Visi Gapoktan Rukun Santoso dapat dirumuskan sebagai berikut:

“ Merwujudkan peningkatan produksi pertanian di tingkat rumah tangga dan desa berbasis kemandirian lokal dan berkelanjutan ”

Rumusan visi mengandung pengertian sebagai berikut:

  1. Peningkatan produksi pertanian di tingkat rumah tangga dimaksudkan sebagai terciptanya suatu kondisi ketersediaan pangan yang layak dikonsumsi dalam jumlah yang cukup pada tingkat rumah tangga, baik  dari segi mutu, beragam dan berimbang, merata, murah, aman, halal dan terjangkau oleh seluruh masyarakat.
  2. Berbasis kemandirian lokal dimaksudkan sebagai potensi pangan lokal dan potensi sumber pangan masyarakat lainnya, dikelola dengan baik oleh masyarakat setempat menjadi sumber pangan dan gizi masyarakat.
  3. Berkelanjutan dimaksudkan sebagai upaya sadar semua komponen masyarakat dalam pengelolaan sumber pangan yang ramah lingkungan, dan memberikan perlindungan dan pelestarian terhadap pangan lokal spesifik pada setiap poktan.

2. Misi

Misi Gapoktan adalah mewujudkan keberdayaan dan kemandirian petani dalam pemantapan peningkatan produksi pertanian, mulai dari tingkat rumah tangga, desa serta mendukung peningkatan produksi pertanian nasional yang berkelanjutan, yang berbasis pada sumberdaya local.

Misi Gapoktan adalah:

  1. Meningkatkan peran serta masyarakat dalam upaya mengembangkan peningkatan produksi pertanian pada tingkat rumah tangga sesuai sumberdaya dan dukungan lokal.
  2. Meningkatkan mutu pelayanan, pengkajian pengembangan dan pemantapan kebijakan yang menyangkut aspek tekhnis budidaya dan pengendalian HPT /PT, koordinasi pelayanan pembiayaan bagi petani, distribusi saprodi dan pemasaran
  3. Mengembangkan koordinasi dan hubungan yang harmonis antara lintas sektor, lintas pelaku dan lintas wilayah dalam kegiatan perencanaan, implementasi, pemantauan dan evaluasi kebijakan Gapoktan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s